Conservation Hero 2007 from Disney Award

Arief RubiantoArief Rubianto adalah salah satu personel Rhino Protection Unit (RPU) paling senior yang pernah ada saat ini. Secara total Arief begitu biasanya dipanggil sudah mengabdi untuk perbadakan kurang lebih 15 tahun lamanya. Dengan latar belakang pendidikan sebagai Sarjana Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (IPB) Arief mulai ikut sebagai surveyor dalam Sumatran Rhino Survey di Kerinci Sebelat. Tahun 1994 Arief ikut bergabung dengan RPU yang baru didirikan di Air Hitam Kerinci Sebelat oleh Departemen Kehutanan, Yayasan Mitra Rhino dan Asian Rhino Specialist Group yang saat itu didanai oleh GEF program.

Unit yang mempunyai tugas pokok sebagai pelindung badak di habitat aslinya ini merupakan ujung tombak dalam perlindungan satwa di habitatnya. Tidak hanya badak, dengan adanya RPU satwa lainnya juga ikut terjaga karena badak merupakan satwa kunci.

Badak mempunyai daerah jelajah yang cukup luas, sehingga dengan melindungi badak, keamanan satwa lainnya juga ikut terjaga seperti harimau, gajah, tapir dan banyak satwa langka lainnya dan tentunya hutan sebagai habitat satwa dari gangguan orang yang tidak bertanggung jawab. Dengan waktu kerja 20 hari dilapangan dan 10 hari istirahat dan mengurus kegiatan diluar patroli, kegiatan ini dilakukan secara rutin oleh anggota RPU termasuk Arief yang pernah menjadi supervisor RPU untuk kawasan Sumatera ini.

Dengan pengalaman yang dimilikinya, Arief saat ini tidak saja diakui oleh Indonesia, tetapi jasanya juga telah diminta oleh Sabah dan Semenanjung Malaysia dan menyusul nantinya dari Kamboja sebagai instruktur dalam mendidik anggota Rhino Protection Unit di sana. Sementara di dalam negeri Arief telah menjadi instruktur bagi Tiger dan Orangutan protection unit. Secara garis besar telah banyak pengalaman yang di dapatkan oleh Arief yang dilahirkan 38 tahun silam ini, baik dalam perlindungan satwa maupun mengantisipasi terjadinya illegal logging. Dampak nyata yang terlihat, semenjak berdirinya RPU, perburuan badak menurun drastis.

Atas dasar pengalaman, pengabdian dan jasanya selama ini International Rhino Foundation (IRF) lembaga internasional khusus untuk perlindungan badak sedunia yang bermarkas di Amerika Serikat ini menominasikan Arief untuk menerima Disney Award untuk tahun 2007 di kategori Conservation Hero. Disney Award yang merupakan penghargaan yang cukup bergengsi ini dikeluarkan oleh Disney Wildlife Conservation Fund (DWCF) yang mempunyai kaitan langsung dengan Walt Disney ini dan telah mendanai 650 project konservasi di 110 negara ini menseleksi berbagai orang yang dinominasi oleh lembaga-lembaga tertentu untuk menerima penghargaan ini setiap tahunnya. Dan untuk tahun ini Arief Rubianto terpilih menjadi Conservation Hero untuk tahun 2007.

Disney Award Kita patut berbangga, salah satu putra terbaik kita menjadi Conservation Hero (Pahlawan Konservasi) yang diakui oleh dunia luar dan berskala international. Pengabdian yang tidak mengenal lelah dalam perlindungan satwa badak khususnya mendapat pengakuan oleh dunia luar. Penghargaan ini semakin memacu semangat bagi teman-teman kita lainnya dalam melindungi dan melestarikan satwa di Indonesia. Pengabdian dan pekerjaan yang mungkin luput dari perhatian masyarakat luas ini merupakan pekerjaan mulia yang secara tidak langsung ikut berjuang dalam menjaga keseimbangan dalam bumi ini. Menahan laju punahnya satwa dan hutan menjadi titik tolak dan dasar bagi perlindungan dan pelestarian satwaliar di atas muka bumi ini.

Selamat untuk Arief Rubianto sebagai DWCF Conservation Hero 2007!!!!

Reported by: Sectionov

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: