Kisah Si Ratu (bag-1/2)

sumatran rhinoHalo teman-teman, namaku Ratu. Pasti kalian berpikir aku adalah seorang penyanyi? ……. bukan,… aku bukan penyanyi. Aku adalah seekor Badak Sumatera. Kalian pasti bingung, kenapa ada seekor badak yang punya nama seperti seorang penyanyi? Jangan bingung teman-teman aku akan menceritakan asal mula namaku.

“Aku lahir di sebuah kawasan Taman Nasional Way Kambas Lampung, 4 tahun yang lalu. Aku memiliki dua cula di kepalaku. Badanku tidak terlalu tinggi untuk ukuran seekor badak Sumatera. Aku mempunyai empat kaki yang kuat. Badanku berwarna hitam keabu-abuan dan badanku ditumbuhi bulu-bulu. Aku tumbuh besar di dalam hutan yang rimbun. Banyak sekali tanaman liana di hutan ini. Selain itu banyak juga pohon-pohon tinggi yang menjadikan rumahku selalu teduh. Setiap hari aku menghabiskan sepertiga waktuku untuk berkubang. Oya kalian tahu apa itu berkubang?…. berkubang adalah satu aktifitas yang aku lakukan dengan cara berendam dalam kolam yang berisi lumpur, ini aku lakukan agar kulitku terhindar dari gigitan lalat dan dari sengatan sinar matahari.

Aku punya seorang teman, namanya Boni. Boni seekor anak beruang madu. Badan dia lebih kecil dari tubuhku. Hei… taukah kalian teman-teman? Boni sangat pintar memanjat. Tangan dia yang kuat mampu membuatnya memanjat dengan cekatan. Setiap hari Boni selalu menemaniku saat aku sedang berkubang. Dia menemaniku di atas pohon sambil mengaruk-garuk kulit pohon, untuk menemukan semut-semut kecil yang akan dimakannya. Keseharianku hanya bermain, makan dan berkubang. Aku sangat senang, rumahku sangat hijau, penuh pohon-pohonan, banyak burung-burung berkicau diatasnya. Setiap menjelang malam “tongkeret” pun mulai bernyanyi. Alunan lagunya sangat khas menambah asrinya rumahku.

Ketika aku kecil Ibu selalu mengajarkanku banyak hal. Ibu mengajarkanku cara memilih pohon yang bisa ku makan, cara membuat kubangan, cara menghindari bahaya, dan bahkan ibu juga mengajarkanku cara menandai suatu daerah. Aku sangat sayang pada ibu. Ibu sangat sabar. Tak jarang aku selalu membuatnya kesal. Seiring bertambahnya umurku, secara bertahap pula ibu mulai membiarkanku untuk melakukan semuanya sendiri. Ketika usiaku sudah mulai menginjak 4 tahun, ibupun memutuskan untuk berpisah denganku. Perpisahan ini terjadi bukan karena ibu tidak sayang lagi denganku. Namun justru karena ibu menginginkanku menjadi badak yang mandiri, karena di alamku badak Sumatera adalah hewan yang hidup soliter (tidak berkelompok).

Berat hatiku ketika aku harus berpisah dengan ibu. Dengan berbekal kemampuan yang telah ibu berikan, akupun memulai perjalananku. Aku harus berjalan di hutan untuk mencari makananku. O ya… teman-teman tahukah kalian?…… aku terkenal sebagai pejalan yang tangguh. Dalam waktu satu hari aku mampu berjalan 5 kali keliling lapangan bola. Saat aku berjalan aku juga melakukan beberapa aktifitas, diantaranya makan, istirahat saat aku lelah, dan kadang aku juga berkubang disela-sela waktuku berjalan. Setiap perjalanan aku memiliki rute yang berbeda-beda. Aku selalu menandai tempat aku berjalan dangan meninggalkan kotoran, atau mematahkan dahan pohon yang aku lewati.

Ketika itu hari sangat cerah. Aku memulai perjalanan hari ini dengan senang hati. Bonipun ikut serta denganku. Kita berdua menghabiskan waktu dengan berlarian di hutan seolah hutan milik kita berdua. Aku lebih banyak berjalan hari ini, mungkin karena ada Boni yang menjadikan perjalanan hari ini terasa lebih menyenangkan. Boni berjalan dengan sangat lambat, dia berjalan dengan bersiul-siul dan matanya berkeliling mengamati apakah ada sarang lebah atau tidak. Bila dia menemukan sarang lebah maka dia dengan cekatan memanjat pohon dan kemudian memetik sarang lebah yang menggantung di ranting pohon itu. Dia tidak takut dengan sengatan lebah, meskipun berjuta-juta lebah mengerumuninya. Ha….ha….ha…. akupun tertawa melihat tingkah laku Boni. Mukanya sangat lucu saat dia mesti berhadapan dengan lebah-lebah itu.

Tak terasa mataharipun semakin menghilang, tanda malam telah tiba. Boni menghentikan langkahnya dan diapun harus segera beristirahat. Karena boni beristirahat maka akupun menunggu untuk sesaat sampai dia terbangun lagi. Namun ternyata boni tidak juga bangun, akhirnya aku memutuskan untuk mencoba berjalan sendiri. Kali ini aku ingin mencoba rute perjalanan baru. Kanan-kiri sangat gelap bahkan akupun tidak mampu membedakan pohon apa yang aku lewati. Entah berapa lama aku berjalan, akhirnya aku memutuskan untuk beristirahat. Mataku berat sekali, mungkin aku benar-benar perlu beristirahat. Sebenarnya aku ingin kembali ke tempat Boni beristirahat tapi rasanya aku sudah sangat capai dan sepertinya akupun tidak mampu mengingat jalanku tadi karena terlalu gelap. Aku beristirahat di sebuah kubangan di bawah rumpun bambu.

Burung mulai berkicau tanda hari sudah pagi. Perlahan namun pasti sang mataharipun keluar dari sarangnya. Paduan sepoi angin pagi dan tetesan embun nan sejuk menjadikan pagi ini sangat sayang untuk dilewatkan. Aku pun terbangun untuk menyaksikan indahnya karunia tuhan pagi ini. Ketika kubuka mataku aku melihat beribu rumpun bambu mengelilingi kubangan tempat aku beristirahat. Ketika ku tatap langit, awan berwarna biru seolah memanyungiku. Cukup lama aku mengagumi keindahan pagi ini. Kurucuk………kurucuk……. ups….. bunyi apa ya itu? Aku terhentak mendengarnya. Sepertinya suara itu berasal dari sekitarku. Ketika terdengar suara aneh itu, perutkupun ikut bergelora seirama dengan bunyi suara aneh itu…….. ooooo….h….. taukah kau teman-teman, ternyata bunyi itu berasal dari dalam perutku…. ya perutku mulai bernyanyi karena aku lapar….. akhirnya aku memutuskan untuk bangun dan memulai perjalananku hari ini. Aku berjalan kearah barat, karena ke arah itulah aku melihat banyak belukar, mungkin saja aku bisa menemukan makanan di dalam sana.

(bersambung ke bagian dua)

Written by Yenny

Gambar kartun dari http://www.billybear4kids.com

,

  1. Badak On-Air di Women Radio « Forum Badak Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: