Badak On-Air di Women Radio

Mas Koen beraksiHari ini, Kamis 24 April 2008, hari On-Air bagi “badak”… Women Radio 94.3 FM Jakarta mengundang YABI dan FBI untuk ngobrol-ngobrol ringan seputar badak Indonesia.
Rombongan dari “kandang badak” di Bogor terdiri dari “Inov” Sectionov (mewakili YABI) dan Koen Setyawan serta Hartanto (mewakili FBI). Acara ngobrol ini berlangsung jam 9 sd 10.

Pagi harinya, jam 6 sd 7, Mbak Ida dan Mas Yasser mendongeng tentang Badak, yaitu cerita tentang Ratu si badak penghuni Taman Nasional Way Kambas, karangan mbak Yenni. Cerita ini bisa juga dibaca pada web ini. Acara dongeng pagi di WR ini adalah acara semi interaktif, dimana selesai dongeng ada sapaan dari WR ke “Prince and Princess” dan juga ada request dari Prince dan Princess ke WR, baik yang terkait dengan dongeng ataupun tidak.

Memasuki jam 9, “rombongan badak” masuk ruang dan mulailah mbak Ida dan mas Yasser memulai pembicaraan. Obrolan ringan ini dimulai dengan pertanyaan “apa dan bagaimana sih kabar badak saat ini…”.

Mas Inov on-airIni porsinya mas Inov menerangkan, dan mulailah pembicaraan mengalir. Dari kondisi kondisi badak, lalu jenis badak yang ada di dunia dan di Indonesia, status keberadaannya, habitatnya, dan kebiasaan-kebiasaannya yang unik.

Saat obrolan berlangsung, ada penelepon yang menanyakan banyak hal tentang badak. Mas Inov, Hartanto dan mas Koen bergantian menjawab. Kebiasaan badak Jawa dan Sumatera yang selalu menyendiri, cara makan yang berbeda dengan badak Afrika, merupakan faktor yang menyebabkan kita tidak bisa melihat badak jawa dan sumatera semudah orang melihat badak afrika di habitatnya.

Keberadaan Forum yang beranggotakan dari semua kalangan dan bersifat terbuka juga diterangkan. YABI sebagai yayasan bergerak dalam koridor formal, sedangkan FBI menghimpun para pemerhati konservasi badak. Keduanya bersama-sama dalam kegiatan yang bertujuan satu yaitu konservasi badak.

Dalam obrolan juga dijelaskan mengenai kegiatan YABI/FBI terdekat, yaitu mengikuti Green Festival yang berlokasi di Botani Square Bogor, pada 26-27 April 2008. Di mana acara yang diadakan akan melibatkan semua anggota keluarga, seperti: lomba menghias kue badak yang diikuti oleh tim yang terdiri dari ayah-ibu-anak. Ada juga coaching melukis badak untuk adik-adik Sekolah Dasar, dan juga lomba mewarnai.

Terimakasih untuk Women Radio yang telah membantu menyiarkan info tentang badak, karena hal ini sangat membantu dalam penyebaran informasi agar sebanyak mungkin masyarakat kita bisa mengetahui bahwa kita memiliki dua dari 5 jenis badak yang ada di dunia, dan keduanya diambang kepunahan. Hanya kita bersama yang dapat menyelamatkan keberadaan spesies ini…

Laporan pandangan mata dari Lantai 31, Menara Imperium Kuningan, Jakarta.

, ,

  1. #1 by Koen Setyawan on April 25, 2008 - 11:26 pm

    Jadi aneh ngeliat diri sendiri. Saking nyaman dan asyiknya sampai nggak sadar kalau mainin kursi he…he…he

  2. #2 by httsan on April 26, 2008 - 8:40 am

    Tadinya aku mau ingetin tuh, jangan muter2 kursi, tapi takut ganggu kenikmatan diwawancara jadi cukup direkam aja…
    : )

  3. #3 by Tim Jendela Ibu on April 28, 2008 - 6:39 am

    Makasih Banget Ya Bos2 dari YABI dan FBI, kapan2 kalo mau nengokin Rosa atau Ratu, boleh dong kita ikutaaaannn…

    Sukses yaa…

    Salam Lestari!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: