Apa hubungan saiga dan badak?

Saiga

Saiga

Saiga jelas bukan sejenis badak. Saiga (Saiga tatarica) adalah sejenis antelop yang hidup di padang-padang rumput yang tandus di Rusia, Khazakhtan dan Mongolia. Hidungnya besar seperti hidung tapir. Saiga jantan mempunyai sepasang tanduk pendek. Masalahnya, bukankah habitatnya begitu jauh dengan habitat badak? Habitat badak terdekat terdapat di India. Ternyata memang ada hubungannya. Bahkan saling mempengaruhi. Saiga pernah nyaris punah gara-gara cula badak. Lho kok? Ceritanya begini.

Ketika para konservanis pusing memikirkan perburuan ilegal cula badak yang gila-gilaan, mereka mencoba mengurangi perburuan itu dengan mangajukan kandidat tanduk saiga sebagai pengganti cula badak. Alasan pemilihan saiga, karena binatang itu jumlahnya memang banyak sekali. Waktu itu sekitar 2 juta binatang! Kalau diburu sedikit saja pasti populasinya tak terganggu, begitu perkiraan para ahli.

Maka para tabib tradisional dan para pemburu liar pun mengalihkan sasarannya ke antelop stepa ini. Maklum, lokasinya jauh lebih dekat daripada harus mengekspor cula badak dari negeri seberang. Celakanya, perburuan tanduk saiga berlangsung lebih parah daripada perkiraan para ahli. Saiga pun dengan cepat menjadi binatang langka, menyusul badak. Populasinya tinggal 400.000 ekor. Salah satu sub-spesiesnya, saiga mongolia (Saiga tatarica mongolia), tinggal 2000 ekor saja.

Apalagi sejak runtuhnya Uni Soviet, para pemburu kian berani membantai saiga dan harimau siberia. Sebaran saiga juga ikut-ikutan menciut karena harus bersaing dengan ternak. Saiga sekarang hanya ditemukan di Uzbekistan, Turkmenistan, Kalmykia, Kazakhtan dan Mongolia. Kini para ahli harus bekerja keras memulihkan populasi Saiga.

dari: Koen Setyawan

, , , , , , , ,

  1. #1 by soni setia budiawan on February 20, 2009 - 10:58 am

    Berarti tanduk saiga, struktur pembentuknya sama dengan cula badak yaitu dari keratin ya mas…? dan berbeda pembentuknya struktur dengan tanduk kambing atau sapi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: