Ada Badak di Pelangi

On air di Bahana

On air di Bahana

Ini bukanlah latah karena kehebohan Laskar Pelangi, tetapi ini benar-benar terjadi: para badak di pelangi. Ceritanya, hari Rabu 29 Oktober ada telepon dari mbak Agnes meminta komunitas badak untuk tampil di Radio Bahana 101.8 FM Jakarta. Kontak kilat berlanjut oleh mas Dwijo Weliyanto dan rekan-rekan di komunitas badak (mbak Desi dan mas Yangki). Akhirnya, berangkatlah pasukan badak ke studio Radio Bahana yang beralamat di Jalan Petogogan 1 no.26 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Disertai dengan stres akibat macet (Jumat sore adalah saatnya di Jakarta macet bersama) dan juga akibat salah jalan, akhirnya semua berhasil mencapai stasiun Radio Bahana, sesaat sebelum on-air. Jadwal on-air adalah jam 19:00 hingga jam 20:00. Yang hadir di sini adalah: mas Marcel, mas Koen Setiawan, mas Yangki, mbak Desi dan Qila, mas Farid, mbak Sulis dan Hartanto.

Para badak kemudian istirahat sejenak di ruang tamu, dan juga sekaligus diberi arahan oleh mas Dwijo (Program Support) dari Radio Bahana. Gak lama muncul mas Ruli dan mbak Tanti yang akan mengawal jalannya ngobrol-ngobrol on-air berdurasi satu jam itu. Dan beberapa saat kemudian para badak digiring memasuki kandang ruang untuk segera on-air.

Foto bersama seusai acara

Foto bersama seusai acara

Pemandu acara mengingatkan untuk bersikap santai sesuai dengan suasana acara ini sendiri. Sayangnya kesantaian akhirnya terlalu cair sehingga wawancara berubah menjadi wawancanda… hehehe…

Tapi soal isi tetap serius dong. Berbagai pertanyaan mengalir dan berkisar antara alasan ketertarikan pada konservasi badak dan juga apa yang telah dilakukan oleh YABI dan FBI. Juga dibahas kendala di lapang saat semakin terbatasnya habitat badak, fakta dan mitos tentang badak, dan banyak lagi yang lainnya.

Pertanyaan-pertanyaan yang “berjalan zig-zag” menyebabkan “kacau”nya suasana. Pemandu acara benar-benar sukses membawa para badak heboh bercerita tentang banyak hal, dan banyak bercanda.

Acara ini berlangsung sekitar satu jam, diselingi dengan beberapa jeda dan selain “ngobrol sendiri antarhadirin” acara juga menerima pertanyaan dari pendengar Bahana melalui sms.

Rekaman suasana saat awal acara, masih pada tegang, dapat disaksikan di bawah ini.

Foto-foto saat wawan-cara-canda dapat dilihat di Album Foto (sila klik disini)

Lalu kenapa judul diatas adalah “Ada Badak di Pelangi”..? Itu karena acara ini bernama “Pelangi” yang selalu on-air di Radio Bahana tiap hari Jumat jam 19:00 sd 20:00…

: )

dilaporkan oleh: hartanto.

, , ,

  1. #1 by dwijo on December 19, 2008 - 6:41 pm

    wah, surprise, meski terlambat ngeliatnya, tapi SERU.
    Trims Kerja samanya.

    Dwijo Program Support Bahana 101.8FM

  1. Mengudara di Pelangi « Catetan kecil httsan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: